dropdown

Senin, 04 Juli 2011

Boot dan Instal Linux From USB dengan UNetbootin

Share pengalaman aja, pernah mau install aplikasi di sebuah kantor eh tahu-tahu OS linux rusak mau booting ngak bisa bingung deh. habis cari-cari cara nemu deh buat bootable linux pake Flashdisk / USB disk.

gini cara :
1. Download aplikasi UNetbootin, aplikasi ini free dan bisa jalan di linux atau windows. Aplikasi ini bisa membuat  bootable Linux USB sticks untuk hampir semua distributions , bisa juga untuk membuat LiveUSB versions. Keren kan :D

2. Klik kanan UNetbootin pada desktop, lalu pilih Properties.
3. Klik tab Permissions, beri tanda centang (v) pada kotak ‘Allow executing file as program’, lalu klik tombol Close.
4. Tancapkan terlebih dulu USB ke port komputer. Ini sangat penting karena Anda tidak akan bisa menggunakan USB jika menancapkannya setelah Anda membuka aplikasi UNetbootin.
5. Selanjutnya, klik dua kali file exe UNetbootin yang sudah di-download tadi, lalu ketikkan  password hingga aplikasi UNetbootin terbuka.
6. Pilih distribusi dan versi Linux yang Anda inginkan, lalu pilih tipe instalasi dan klik Ok untuk memulai  instalasi.
7. Reboot, dan set BIOS agar bisa boot dari USB…
* UNetbootin akan mendownload file-file yang dibutuhkan oleh karena itu butuh konek ke internet
Berdasarkan pengalaman kalau bisa pake Flash disk kapasitas 1GB ke atas dan Selain dia download ke site bisa juga kita menggunakan ISO file dari distribusi yang akan di pilih.
Selain USB, pastikan Anda telah menentukan distribusi Linux yang diinginkan, yaitu: Arch linux, BackTrack, CentOS, CloneZilla, Damn Small Linux, Debian, Dream Linux, Elive, FaunOS, Fedora, Frugalware, Gentoo, Gujin, Kubuntu, Linux Mint, Mandriva, netBSD, NTPasswr, openSUSE, Ophcrack, Parted Magic, PClinuxOS, Puppy Linux, Slax, SliTaZ, Smart Boot Manager, Super Grub Disk, Ubuntu, Xubunu, Zenwalk.
Hanya itu aja….. mudah kan :)

Tidak ada komentar:

MY SLIde Join Cuy PUtra